PRAKTIKUM ANATOMI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

18 Feb

Praktikum anatomi adalah proses belajar mengajar yang wajib dilaksanakan bagi seluruh mahasiswa-mahasiswi Fakultas Kedokteran seluruh dunia. Karena dari proses belajar mengajar inilah seseorang dapat dikatakan dokter karena mereka mengetahui dimana letak organ yang menimbulkan penyakit dari pasien mereka. Nabi menjelaskan dalam Hadistnya bahwa “Mu’min dan Mu’minat wajib menuntut ilmu dari dalam kandungan hingga dalam liang lahat”, dari sinilah kesimpulan didapatkan bahwa selama ilmu tersebut dapat bermanfaat dan menjadikan seseorang selalu mengingat Allah serta dapat selalu bersyukur, orang tersebut berhak untuk menuntut ilmu apapun. Tetapi kini timbul pertanyaan bagi kalangan mahasiswa kedokteran, apakah mempelajari struktur tubuh manusia dengan cara pembedahan diperbolehkan dalam pandangan Islam ?

Pertanyaan tersebut terjawab dalam regulasi seputar donor mayat untuk keperluan pendidikan selama ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 1981. Di sana diatur ketentuan persetujuan keluarga jenazah, lokasi baku operasi bedah, status mayat tak dikenal, dan sebagainya. Meski sudah diatur negara, tetapi masih ada pasal yang menyerahkan urusan pada ketentuan agama. Pada ketentuan agama, al-Qur’an dan Hadist tidak menggambarkan bahwa diperbolehkan atau tidaknya menggunakan mayat untuk mempelajarinya. Dalam hal ini Islam sebagai agama yang telah disempurnakan oleh Allah telah menetapkan beberapa kaedah untuk menjawab permasalahan tersebut. Diantara kaedah tersebut hukum Islam adalah :

“Apabila berbenturan antara dua kemaslahatan maka dilakukan yang paling banyak maslahatnya juga apabila berbenturan antara dua mafsadah maka di lakukan yang paling ringan mafsadahnya” (Al Qowaid Al Fiqhiyah Syaikh As Sa’di hal : 45-48)

Dari kaedah Islam inilah dapat disimpulkan, bahwa melaksanakan praktikum anatomi untuk mahasiswa-mahasiswi kedokteran dibolehkan selama tidak menimbulkan banyak mudhorot pada saat melaksanakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: