STRATEGI POLA HIDUP UNTUK MENCEGAH KANKER

1 Okt

Apa itu KANKER ?

Kanker merupakan penyakit atau kelainan pada tubuh sebagai akibat dari sel-sel tubuh yang tumbuh dan berkembang abnormal, diluar batas kewajaran dan sangat liar serta kerap kali menyebar jauh ke sel jaringan lain dengan merusaknya. Sedangkan kanker dalam pengertian masyarakat umum adalah suatu benjolan yang timbul pada bagian organ tertentu yang menyebabkan kematian. Kanker juga terkenal sebagai salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang maupun di negara maju. Di Indonesia kanker adalah salah satu penyebab kematian yang menduduki peringkat ke-7 dari beberapa penyakit lain.

Kanker dapat terjadi di berbagai jaringan dalam berbagai organ di setiap tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. Sel kanker dapat berasal dari semua unsur yang membentuk suatu organ. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangbiakannya, sel-sel kanker membentuk suatu massa dari jaringan ganas yang menyusup ke jaringan di dekatnya dan atau bisa menyebar (metastasis) ke organ tubuh lainnya.

Sel-sel menjadi kanker melalui proses rumit yang disebut transformasi, yang terdiri dari tahap inisiasi dan promosi. Awalnya kanker mengalami proses inisiasi, dimana bahan genetik berubah, yang akan menjadi kanker. Perubahan dapat terjadi secara spontan atau diakibatkan oleh suatu unsur (agen) yang disebut karsinogen. Zat karsinogen dapat berupa zat kimia, makanan tertentu, virus, radiasi, dan sinar ultraviolet, serta faktor mental (psikis). Selanjutnya sel mengalami tahap promosi, yaitu proses induksi tumor pada sel sebelumnya telah diinisasi atau diinduksi oleh zat kimia. Pada tahap promosi, suatu sel yang telah mengalami inisiasi berubah menjadi ganas. Sel yang belum melewati tahap inisiasi tidak akan terpengaruh oleh promosi. Karena itu diperlukan beberapa faktor untuk terjadinya keganasan (gabungan dari sel yang peka dan suatu karsinogen). Dari kedua proses inilah sel tumor menjadi sel tumor ganas yang akhirnya disebut kanker.

Dalam hal ini, zat karsinogen dan faktor mental (psikis) sebagai bagian dari faktor penyebab kanker yang sering ditemukan di lingkungan sekitar dan dalam diri seseorang dapat tercegah jika pengaturan pola hidup yang tepat menjadi prioritas utama dalam hidup orang itu sendiri. Karena jika seseorang menjaga pola hidup yang tepat maka akan terjadi pencegahan awal yang efektif untuk tidak memacu perkembangan sel kanker dalam tubuh yang disebabkan oleh kedua penyebab kanker tersebut. Lalu, “Bagaimana pola hidup yang tepat untuk mencegah terjadinya kanker yang disebabkan oleh Zat Karsinogen dan mental (psikis) ?”

Upaya pencegahan kanker sangatlah besar manfaatnya dan patut untuk dilakukan, sekalipun kanker akan tetap tumbuh pada orang-orang tertentu. Upaya pencegahan awal untuk kanker sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, karena pencegahan ini sangat berkaitan erat dengan pola hidup sehari-hari, yaitu :

1. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan berguna untuk mewujudkan pola makan yang seimbang dan sehat. Mengatur pola makan dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :

a. Mengatur waktu makan dengan tepat. Makan tepat waktu berguna untuk menghindari pola makan yang berlebihan, karena makan yang berlebihan akan mengganggu organ pencernaan (usus) dalam menjalani tugasnya sebagai penghancur makanan menjadi keletihan dan menyebabkan makanan membususk dalam perut yang akhirnya dapat menimbulkan kanker usus. Waktu makan yang tepat untuk mendapatkan makanan yang seimbang dan sehat yaitu pola makan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, yaitu “Kami adalah orang-orang yang tidak makan, kecuali setelah lapar, dan bila makan, kami tidak sampai kenyang.”

Inilah mukjizat yang telah difirmankan oleh Allah SWT dalam al-Qur’an bagi dunia kesehatan, yang artinya :

. . . Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (QS. al-A’raf : 31)

b. Menghindari makanan yang mangandung lemak berlebih, karena lemak memiliki zat yang dapat menimbulkan kanker yaitu asam linolat. Asam linolat lebih banyak terdapat pada beberapa jenis minyak nabati, seperti minyak jagung dan minyak bunga matahari.

c. Mengkonsumsi vitamin E dan C dapat mencegah timbulnya kanker lambung, dan vitamin A dapat mencegah timbulnya kanker kulit dan payudara. Tetapi untuk vitamin A mempunyai kadar tertentu, karena memberikan kadar vitamin A yang besar dapat melemahkan tulang dan mengganggu fungsi hati.

d. Mengkonsumsi serat secara kontinue dapat memberi manfaat bagi tubuh. Serat dalam makanan dapat ditemukan pada biji-bijian, jamur, biji-bijian yang tidak dikupas kulitnya seperti gandum, rida, lupine, hulbah, adas, dan kacang tanah serta sayuran dan buah-buahan, seperti kol, kubis, seledri air, apel, alpukat, dan anggur.

e. Mengkonsumsi gula alami yang dapat dikonsumsi dari madu, umbi, kentang, dan roti daripada mengkonsumsi unsur gula sederhana, misalnya sukrosa yang biasa digunakan untuk minum teh atau kopi.

f. Mengubah kebiasaan mengkonsumsi makanan dibakar bara atau digoreng, memasak makanan berulang kali, mengkonsumsi makanan lama atau sisa kemarin, dan memakan rempah-rempah yang sudah diproduksi oleh pabrik.

2. Mengatur Pola Ruang dengan Tepat

Upaya mengatur pola ruangan yang tepat berkaitan dengan meletakkan alat-alat elektronik yang memberikan radiasi gelombang elektromagnetik untuk tidak diletakkan didalam kamar tidur.

Meletakkan alat-alat elektronik didalam kamar tidur akan mengakibatkan kanker otak dikarenakan pemancaran radiasi gelombang elektromagnetik yang berlebihan dapat menimbulkan sulit tidur, resah dan bahkan tidak bisa tidur, serta kerusakan pada saraf-saraf otak. Maka dari itu, letakkan alat elektronik pada tempat yang terpisah atau jika tetap meletakkan alat elektronik didalam kamar tidur, matikan secara total agar radiasi gelombang elektomagnetik yang ditimbulkan tidak terpancar.

3. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan hal yang sudah ditanamkan oleh Allah SWT dalam firman-Nya yang artinya :

Janganlah kamu salat dalam masjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba’), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu salat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (QS. at-Taubah : 108)

Dan juga dalam sabda Rasulullah SAW, yang artinya :

Jagalah kebersihan dengan segala usaha yang mampu kamu lakukan. Sesungguhnya Allah menegakkan Islam di atas prinsip kebersihan. Dan tidak akan masuk syurga, kecuali orang-orang yang bersih.” (HR. Thabrani dari Abu Hurairah)

Dari kedua pedoman tersebutlah keajaiban dari menjaga kebersihan mulai dipandang mata. Kebersihan lingkungan dapat mencegah perkembangbiakan dari virus dan bakteri yang dapat menimbulkan kanker. Virus tertentu menyebabkan kanker pada manusia dan virus lainnya dicurigai sebagai penyebab kanker. Virus papilloma yang menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis) agaknya merupakan salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita. Dan beberapa virus retro pada manusia, misalnya virus HIV, menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya. Sedangkan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi contohnya Clonorchis, yang dapat menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu.

4. Jauhkan Hidup dari Stres

Menjauhkan diri dari stres dalam menjalani hidup berperan penting bagi kesehatan tubuh karena tingkat stres psikis yang berlebihan akan berdampak kurang baik bagi tubuh, sehingga timbullah gejala-gejala fisik dan psikis. Hal ini dapat terjadi karena pada keadaan stres yang berat, tubuh akan mengeluarkan hormon-hormon secara berlebihan, diantaranya adalah hormon adrenalin. Keberadaan adrenalin dalam tubuh secara berlebihan menyebabkan tubuh dengan tekanan darah meningkat, jantung memompa darah dengan kuat, dan sel-sel tubuh dalam keadaan tegang yang memuncak. Keadaan ini dapat mengubah pola sel dalam bertumbuh dan berkembang, dimana sel-sel akan terangsang untuk tumbuh secara liar dan tidak terkendali, sehingga terjadilah kanker.

Upaya seseorang untuk menjauhkan stres yaitu mengupayakan jiwa batin tenang dengan tidak mendendam (selalu memaafkan), menikmati hidup, selalu bersyukur, percaya kepada Tuhan dan menyerahkan hidup ke dalam tanganNya, serta pandai mengelola atau menyiasati ambisi.

5. Mengelola Strategi Tidur yang Tepat

Pengelolaan strategi tidur bertujuan untuk mendapatkan proses tidur yang nyenyak. Karena proses tidur nyenyak akan mengoptimalkan proses metabolisme hormonal yang berkaitan dengan kanker dan proses de-toxin pada hati.

De-toxin atau Detoxifikasi (Detox) adalah proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna (racun) di dalam tubuh kita. Detox alami terjadi pada waktu kita tidur dimalam hari. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yg tidak berguna. Oleh  karena itu, jika kenyenyakan tidur terganggu akan menyebabkan seseorang tidur larut malam dan bangun terlalu siang sehingga menyebabkan gangguan pada proses de-toxin dan akhirnya akan mengakibatkan kanker hati.

Sedangkan hubungan antara tidur nyenyak dengan ke-optimalan proses metabolisme hormonal yaitu proses terjadinya stres yang diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur bagi tubuh. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa stres juga beresiko menyebabkan kanker karena kelebihan produksi hormon adrenalin dari stres tersebut.

Cara memperoleh strategi tidur nyenyak untuk tubuh agar terhasil proses de-toxin yang optimal dan terhindar dari stres yaitu dengan beberapa cara :

· Perhatikan udara kamar tidur dengan selalu menjaga kelancaran sirkulasi udara dengan membuka jendela setiap pagi dan sebelum tidur.

· Tenangkan diri sebelum tidur

· Tidur tepat waktu, yaitu sekitar pukul 21:00, karena pada waktu inilah proses de-toxin dimulai.

· Tata ruang kamar untuk memberikan kenyamanan

· Selalu membersihkan tempat tidur

· Lakukan olahraga relaksasi sebelum tidur untuk mengoptimalkan kinerja jantung saat tidur.

· Pastikan keamanan rumah dari sesuatu yang dapat menimbulkan bahaya agar pikiran tidak cemas pada saat tidur.

· Hindari makan berlebihan sebelum tidur, karena memberikan asupan yang berlebih akan mengaktifkan proses kerja lambung secara ekstra pada saat tidur sehingga menyebabkan terbangun di tengah malam dan akhirnya tidak bisa tidur kembali.

6. Menjauhkan Diri dari Hidup Bebas

Kehidupan bebas masa kini membuat seseorang tidak dapat mengontrol diri. Berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini, meningkatkan resiko terinfeksi virus papiloma manusia yang berkaitan dengan kanker mulut rahim atau alat kelamin. Infeksi oleh virus herpes simpleks tipe-2 yang ditularkan melalui hubungan kelamin dapat meningkatkan resiko kanker. Virus hepatitis B dapat ditularkan melalui hubungan kelamin dan meningkatkan risiko kanker hati.

Inilah mukjizat yang diperlihatkan oleh Allah SWT dalam firman-Nya yang artinya :

Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.

Kesimpulan dari ayat ini menjelaskan bahwa Allah melarang hamba-Nya untuk tidak melakukan hubungan kelamin karena Allah SWT menjaga agar hamba-Nya tidak terserang salah satu penyakit yang disebabkan oleh hubungan kelamin (zina), yang salah satunya adalah KANKER.

Referensi :

Al-Qur’an dan Terjemahannya. Al-Jumanatul ‘Ali

As-Sayyid, Muhammad, Basith, Abdul. 2006. Pola Makan Rasulullah.

Jakarta : Almahira

Corwin, J, Elizabeth. 2009. Buku Saku PATOFISIOLOGI. Jakarta : EGC

Hasan, F, Abdillah. 2010. The Power of Tidur. Jakarta : PT. Buku Kita

Junaidi, Iskandar. 2007. Kanker “Pengenalan, Pencegahan, dan

Pengobatannya”. Jakarta : BIP Kelompok Gramedia

Washfi, Muhammad. 2008. Menguak Rahasia Ilmu Kedokteran dalam Al-

Quran. Surakarta : Indiva Pustaka Kelompok Penerbit Indiva Media

Kreasi

Unduh dari internet :

http://batamcyberzone.com

http://one.indoskripsi

http://eprints.undip.ac.id/316/1/Anies.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: